Pembangunan Penyediaan Air Baku Pulau Pisang Direncanakan Tahun Ini

 

Pesisir Barat - Pengembangan penyediaan air baku di Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat melalui jalur laut dengan melewati jalur transmisi Way Tembakak menuju bendungan penampungan air yang ada di daerah Kecamatan Pesisir Utara direncanakan akan dibangun tahun ini.

Rencana tersebut dibicarakan dalam Audiensi yang dilaksanakan oleh jajaran Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung pada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat yang dipimpin oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Roy Panagom Pardede, S.T., M.Tech. dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang dipimpin oleh Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., Jum'at (27/01/22).

Mengawali pembukaan Audiensi, Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi, S.Pd., M.M., selaku pimpinan audiensi menyampaikan ucapan selamat datang atas kunjungan dari rombongan Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung pada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat di Kabupaten Pesisir Barat. Beliau menjelaskan bahwa Kabupaten Pesisir Barat juga memiliki banyak aliran sungai yang tersebar di 11 Kecamatan. Disamping itu, Kabupaten Pesisir Barat juga berbatasan langsung dengan lautan dari Samudra Hindia, mempunyai hamparan hutan yang luas, serta terkenal dengan tempat wisata karena keindahan alamnya. Untuk mata pencaharian masyarakat sebagian besar berasal dari hasil laut (Nelayan) dan perkebunan (Petani).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Roy Panagom Pardede, S.T., M.Tech menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya tersebut dalam rangka pelaksanaan pekerjaan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Tahun Anggaran (TA) 2022 s/d 2023 untuk mengatasi masalah air baku di Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat, dengan mencari alternatif sumber air tanah di Pulau Pisang dan sumber air permukaan dari Way Tembakak, Kecamatan Pesisir Utara dengan ditransfer melalui pipa bawah laut ke Kecamatan Pulau Pisang.

Bupati Pesisir Barat berharap, semoga setelah dilaksanakan kegiatan audiensi ini, disamping dapat mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dengan Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, juga dapat mempercepat dan melancarkan program kerja Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, khususnya pada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dalam mengatasi masalah air baku yang masih langka di Kecamatan Pulau Pisang. (*)

0 Comments