Bantu Kinerja Dalam Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Saka Bakti Husada Ngambur Gelar Perkemahan Persami


Pesisir Barat - Saka Bakti Husada Ranting Kecamatan Ngambur, kabupaten Pesisir Barat menggelar perkemahan Sabtu 24 Juni hingga Minggu 25 Juni (Persami) yang di ikuti oleh 35 orang peserta.

Selain kemah, Puskesmas Ngambur bersama Kwartir Ranting Ngambur juga mengadakan acara pelantikan anggota baru Saka Bakti Husada Kwaran Ngambur angkatan ke-5 pada hari Minggunya.

Dalam acara pelantikan anggota Saka Bakti Husada, dihadiri oleh Ketua Kwarran Ngambur Muttaqin, Mabi Saka Bakti Husada Puskesmas Ngambur Kwarran Ngambur Epsan, pamong saka Ali Mustopa, serta adik-adik calon anggota Saka Bakti Husada Kwarran Ngambur. 

Dalam sambutannya, Epsan menjelaskan bahwasannya Saka Bakti Husada merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang dibentuk dengan tujuan sebagai wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega guna penyaluran minat, pengembangan bakat, kemampuan dan pengalaman dalam bidang kesehatan yang dapat menjadi bekal untuk mengabdi pada masyarakat, termasuk untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sehat jasmani dan rohani. Sebab walaupun kesehatan bukan segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya tidaklah berguna.

"Keberadaan Saka Bakti Husada ini dapat membantu kinerja dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat. Termasuk bina lingkungan sehat, bina keluarga sehat, pengendalian penyakit, bina gizi, obat serta perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat,” jelas Epsan.

Saka Bakti Husada terdiri dari 6 Krida, yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Pengendalian Penyakit dan Kegawatdaruratan, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat dan Krida Bina PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

"Saka Bakti Husada merupakan agen perubahan yang diharapkan dapat menjadi pelopor kesehatan dimulai dari diri sendiri, keluarga maupun masyarakat," lanjutnya.

Selanjutnya Ka.Kwarran Ngambur Muttaqin mengatakan pramuka kwartir ranting kecamatan Ngambur berharap agar kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilakukan inovasi dalam pemberian pembekalan baik materi maupun praktek ke anggota Saka Bakti Husada sehingga kedepannya benar-benar menjadi agen perubahan dalam bidang kesehatan di dalam masyarakat kecamatan Ngambur serta dapat menjadi generasi penerus bangsa yang sadar akan pentingnya kesehatan.(Andrean/Wawe/AKJII)

0 Comments