Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Buka Gebyar Hari Nusantara Tahun 2023


Tanggamus - Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, M.T., Menghadiri sekaligus membuka Gebyar Hari Nusantara tahun 2023 dengan tema 'Melalui Hari Nusantara Mari Kita Sukseskan Gerakan Membangun Pesisir Tanggamus (Gempita)' berlangsung di lapangan merdeka Kecamatan Kota Agung, Rabu (27/12/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Ir. Liza Derni, Porkofimda, Para Asisten, Pj. Ketua TP PKK Tanggamus drg. Hellen Veranica Mulyadi, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat se Tanggamus, Para Lurah, Abdesi, Pol Airud, TNI -AL Kota Agung, HNSI Tanggamus, perwakilan nelayan Kabupaten Tanggamus.

Pada sela kegiatan diberikan juga penyerahan secara simbolis bantuan KKP untuk nelayan, penyerahan dokumen kapal dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba.

PJ. Bupati Ir. Mulyadi Irsan, mengatakan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kabupaten Tanggamus mengusung
Tema 'Melalui Hari Nusantara, Mari Kita Sukseskan Gerakan Membangun Pesisir Tanggamus (Gempita)'.

Kemudian, lanjut Mulyadi, perlu diketahui bahwa pada Hari Nusantara yang kita peringati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia. 

Potensi sumberdaya kelautan Indonesia dengan nilai kurang lebih 3000 Triliun Rupiah pertahun belum tergarap secara 
maksimal. 

"Maka dari itu, melalui peringatan Hari Nusantara ini, saya mengajak, mari kita hapuskan semua aktivitas yang merusak lingkungan, sumberdaya kelautan dan merugikan negara, baik yang dilakukan 
oleh masyarakat kita sendiri, terlebih lagi oleh bangsa asing," ujar Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.

"Kita harus memiliki komitmen, bahwa laut harus mensejahterakan rakyat Indonesia, dan kita harus berdaulat di atas laut kita sendiri," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Mulyadi, ini mengindikasi bahwa salah satu komitmen secara optimal memanfaatkan potensi laut, kemudian gerakan membangun pesisir Tanggamus menjadi cikal bakal mengeksplor hasil laut Tanggamus.

"Kita ingin nelayan di wilayah Tanggamus meningkat pendapatan nya dan kita ingin potensi lautnya berhasil," harapnya.

Pj Bupati Tanggamus, menghimbau semua OPD bergerak bersama, semua saling bahu-membahu untuk pembangunan di wilayah pesisir Tanggamus.

Kemudian lanjutnya, terkait pelaksanaan kegiatan pasar malam, mulyadi hanya berharap agar panitia dan dibantu oleh peserta kegiatan untuk menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban, dapat menjaga fasilitas umum di lapangan merdeka Kota Agung bersama aparat kepolisian dan Dishub agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah ini.

"Panitia memfasilitasi adanya petugas keamanan dan petugas parkir, yang menjaga keamanan pengunjung dan kendaraannya," pungkas Pj Bupati Tanggamus. (Firwanto)

0 Comments